Rumah yang terbuat dari kayu identik dengan tampilan yang klasik atau tradisional. Menggunakan material kayu bukan berarti Anda harus memilih rumah dengan gaya tradisional. Anda bisa memilih gaya modern yang akan memberikan nuansa berbeda daripada tradisional. Di mana rumah tradisional Indonesia hampir sebagian besar menggunakan ukiran, tetapi tidak dengan rumah modern.

Banyak orang saat ini lebih memilih rumah kayu dengan gaya modern, alasannya untuk terlihat lebih simpel dan cool. Dasar dari rumah nuansa modern adalah bersih dan terasa dingin namun dengan adanya kayu akan menyeimbangkan kesan dingin menjadi sedikit lebih hangat. Tidak ada lagi ukiran tradisional karena sebagian besar hanyalah papan kayu biasa.

Banyak juga yang bingung dengan istilah modern pada sebuah arsitektur, apakah modern ini kontemporer? Tentu saja tidak. Gaya kontemporer mengarah pada saat ini dan bukan modern. Sedangkan gaya modern diambil pada masa gaya yang naik daun di awal perubahan abad ke 20. Material yang diutamakan pada gaya modern adalah kaca dan juga besi.

Seperti apa rumah idaman yang akan Anda bentuk? Bagaimana dengan dinding dan juga lantainya? Jika menggunakan lantai kayu jangan lupa untuk melapisinya dengan karpet. Tujuannya agar lantai kayu tidak mudah rusak, untuk menutup semua lantai Anda bisa membeli karpet di tempat jual karpet roll murah.

Ide Menarik Rumah Kayu Gaya Modern

Rumah modern khas dengan material besi dan juga kaca, artinya Anda bisa memadukan kayu dengan material tersebut. Kaca berfungsi untuk menggantikan lampu karena membuat cahaya matahari masuk di siang hari. Sedangkan besi sendiri kebanyakan dicat hitam agar terlihat lebih kokoh daripada biasanya.

Ikuti beberapa ide desain menarik berikut ini bagi Anda yang ingin membangun rumah kayu.

  • Rumah kayu dengan pemandangan pegunungan

Rumah kayu dengan pemandangan pegunungan

Apabila Anda memiliki rumah yang berada di pegunungan maka ide ini cukup menarik untuk diterapkan. Pegunungan yang khas dengan udara dingin cocok menggunakan material kayu agar pemandangan terlihat dinding luar dan sekat ruangan menggunakan kaca. Sedangkan, seluruh bangunan menggunakan kayu yang dicat warna terang. Terasa lebih hangat Anda bisa membeli di tempat jual karpet roll murah kemudian memotong karpet menjadi beberapa bagian. Letakan karpet di bawah sofa atau tempat duduk.

  • Rumah modern dengan perapian

Tidak sedikit rumah kayu yang memanfaatkan perapian. Adanya perapian bisa digunakan atau untuk penghias saja. Namun seluruh rumah terbuat dari kayu dan dinding sekeliling rumah menggunakan kaca geser. Rumah akan tampak lebih hangat dengan karpet bulu dan sofa yang empuk. Harga karpet roll berbulu cukup mahal, jadi Anda tidak perlu menutup semua lantai dengannya. Anda bisa mengecat rumah kayu dengan warna natural yang lebih gelap.

  • Rumah dengan hiasan rak

Rumah dengan hiasan rak

Anda juga bisa membuat rumah yang memiliki dekorasi rak. Adanya rak bisa digunakan untuk menyimpan barang atau hanya sebagai hiasan saja. Rak tersebut akan memberi aksen modern dan mengurangi terlalu banyak dekorasi ruangan. Dinding kaca di salah satu sisi akan membantu cahaya masuk.

  • Rumah dengan atap segi lima

Rumah dengan atap segi lima

Tidak ada yang menyangka bahwa rumah dengan atap segi lima akan memberikan tampilan yang indah dari dalam. Konsep ini seperti atap ruang ternak zaman dahulu namun telah dikemas lebih modern. Atap mengkombinasikan besi yang dicat warna hitam sebagai konstruksi. Membuatnya justru memiliki tampilan yang lebih indah.