Cara Memilih Lampu LED

Lampu LED menjadi salah satu jenis lampu yang banyak digunakan saat ini. Lampu ini dinilai memiliki banyak sekali kelebihan. Banyak rumah yang saat ini sudah mengganti lampu-lampu lama mereka dengan lampu baru bertipe LED. Tak hanya untuk skala kecil, LED juga banyak digunakan untuk skala besar seperti di tempat umum, bahkan lampu jalan LED juga banyak ditemukan.

Memangnya apa saja kelebihan dari LED? Lampu jenis ini memiliki daya tahan yang lama sehingga sangat awet digunakan tanpa perlu sering mengganti lampu. Selain itu, LED juga tidak mudah panas sehingga aman sekali untuk dipakai. Sering kali lampu jenis lain mudah panas saat digunakan kemudian muncul garis hitam pada badan lampu, hal ini tidak berlaku pada LED.

Selain itu, LED juga jauh lebih hemat energi. Anda bisa lebih berhemat listrik jika Anda menggunakan lampu bertipe LED. Karena daya listrik yang digunakan rendah, lampu ini juga dinilai lebih ramah lingkungan. Karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memakai LED. Apalagi sekarang lampu ini juga sangat mudah ditemukan di pasaran.

 

Memilih LED

Bagi Anda yang akan membeli lampu bertipe LED, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada banyak sekali jenis LED yang beredar di pasaran saat ini. Anda harus cermat memilih agar LED yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa membeli LED dengan kualitas bagus dan bisa diandalkan untuk jangka waktu yang lama? Berikut adalah beberapa tips memilih lampu LED yang bisa Anda coba lakukan:

1. Pilih Berdasarkan Merk

Pilihlah LED berdasarkan merknya. Ada banyak sekali merk LED yang beredar di pasaran saat ini. Daripada bingung memilih LED mana untuk dibeli lebih baik Anda memilih merk yang sudah terbukti bagus dan tepercaya. LED dari Philips menjadi salah satu merk LED yang banyak digunakan oleh masyarakat karena sudah terbukti kualitasnya.

 

2. Pilih Warna yang Tepat

Ada beberapa pilihan warna LED yang bisa Anda temukan. Pilihlah LED dengan warna yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Warna LED bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jika Anda ingin lampu dengan warna kuning maka silakan pilih bohlam dengan ukuran 2700K. Namun jika Anda ingin LED dengan warna sinar putih silakan pilih bohlam dengan ukuran 4000K atau 5000K.

 

3. Pilih LED yang Bisa Diredupkan

Jaman sekarang teknologi sudah semakin canggih jadi pilihlah produk yang paling modern. Anda bisa menggunakan LED yang bisa diredupkan sesuai kebutuhan. Jadi, tingkat terang dan redup lampu bisa diatur sesuai keinginan.

 

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sesuaikan pilihan lampu dengan kebutuhan. Misalnya, Anda akan memasang lampu tersebut di kamar tidur yang tidak terlalu luas maka pilihlah lampu dengan ukuran watt yang tidak begitu besar. Perhatikan ukuran watt sebelum memilih sehingga ketika dipasang nanti, lampu tidak akan menjadi terlalu terang atau terlalu redup.

 

5. Pilih Jenis yang Tepat

Ada dua jenis LED yang perlu Anda ketahui yaitu LED bening dan opal. LED bening bisa digunakan jika Anda ingin cahaya lampu lebih terpusat, jenis ini cocok untuk dipasang di kap lampu. Selain itu, tipe opal digunakan jika Anda ingin cahaya lampu lebih tersebar. Ada lagi tipe lampu downlight LED yang bisa digunakan untuk memberi efek cahaya yang lebih nyaman di dalam rumah.

Itulah tadi beberapa tips memilih lampu LED rumah Anda. Pastikan juga Anda selalu mencoba lampu LED dan memastikan bahwa lampu bisa bekerja dengan baik sebelum Anda membelinya.