Pada sebuah gedung tentu saja ada beberapa sistem yang membuat bangunan besar tersebut dapat digunakan dengan baik dan semua fasilitas dapat digunakan dengan lancar. Salah satu sistem yang hingga saat ini selalu digunakan adalah Building Automation System atau biasa dikenal dengan singkatan BAS. BAS adalah sebuah sistem komputerisasi khusus yang dibuat untuk dapat mengatur operasional gedung secara otomatis.

Hal ini sendiri dikarenakan tidak mungkin mematikan lampu, AC ataupun mengunci setiap pintu dengan cara manual, di mana tentu saja akan memakan waktu lama dan sama sekali tidak efisien. Maka dari itu terciptalah automatic sistem gedung ini, di mana pemasangannya sendiri harus bekerja sama dengan kontraktor listrik karena memang semua sistem berhubungan dengan listrik.

Bagian Penting yang Ada Pada Building Automation System

Untuk memahami tentang BAS ini sendiri, tentu saja harus mengetahui tentang bagian-bagian yang ada dalam sistem tersebut. Di mana setiap bagian ini memegang peranan penting agar semua operasional gedung dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Berikut ini adalah bagiannya :

1. Controller

Bagian pertama yang ada pada BAS adalah controller, di mana bagian ini sendiri biasanya akan menggunakan lebih dari satu PLC atau Programmable Logic Controllers yang sudah diberikan program tertentu. PLC dalam sistem Building Automation System ini biasanya digunakan untuk mengontrol jalan kerja sebuah peralatan dalam gedung, semisalnya lift atau escalator. Untuk bagian ini sendiri biasanya selalu diawasi oleh satu orang atau lebih.

2. Occupancy Sensor

Occupancy Sensor

Bagian selanjutnya yang ada pada sistem BAS adalah occupancy sensor. Bagian ini sendiri biasanya berhubungan dengan jadwal harian yang biasanya mengatur beberapa hal yang ada pada internal gedung. Semisalnya adalah mematikan lampu bagian dalam gedung ketika memang sudah tidak ada lagi orang ataupun mematikan sistem kerja lift pada waktu yang sudah ditentukan. Hal ini sendiri dapat membantu memangkas biaya keluar dalam pemakaian listrik, di mana biasanya untuk memastikan occupancy berjalan dengan baik Anda perlu mengkonsultasikan dengan jasa instalasi listrik.

3. Lighting

Bagian lighting ini biasanya akan mengatur masalah lampu yang ada di dalam ataupun luar gedung, di mana biasanya akan menggunakan sistem nyala dan mati yang sudah disesuaikan jadwalnya. Salah satunya adalah mematikan dan menyalakan lampu pada jam tertentu atau lampu pada ruangan akan mati ketika orang terakhir sudah keluar 30 menit lamanya. Bagian ini sendiri biasanya digunakan untuk dapat menghemat pengeluaran dalam beberapa hal.

4. Air Handler

Air Handler

Bagian ini dapat dikatakan adalah bagian penting, karena peran dari air handler adalah untuk mengatur udara keluar dan masuk dalam gedung. Di mana kebutuhan udara dalam setiap ruangan harus tepat dan udara yang masuk pun bersih. Selain itu, bagian air handler ini akan mengalirkan udara ke seluruh bagian gedung secara merata dan sesuai dengan porsinya.

5. Central Plant

Central Plant ini merupakan bagian yang akan menyuplai air handling unit dengan air, di mana tentu saja peranan sangat penting agar air handler dapat bekerja dengan baik.

6. Alarms dan Security

Dalam BAS sendiri selalu dilengkapi dengan alarms dan security yang memang sangat dibutuhkan. Alarms sendiri biasanya akan menjadi sensor ketika keadaan genting seperti kebakaran ataupun sebagai pengaman ketika ada yang masuk gedung tanpa ijin. Untuk memastikan alarm bekerja dengan baik, ada baiknya meminta jasa instalasi listrik untuk memasangnya.

Itu adalah bagian-bagian yang ada di automatic sistem gedung yang mempunyai banyak sekali fungsi dan manfaat. Hampir semua gedung yang ada sudah menggunakan sistem BAS ini yang tentu saja membutuhkan banyak sekali perhatian ketika melakukan pemasangannya.