Mendesain rumah agar menjadi hunian yang nyaman memang menjadi sebuah impian dari hampir semua orang. Banyak sekali aspek dan juga komponen yang dapat menjadi pelengkap desain rumah, salah satunya adalah menggunakan partisi dari kayu dengan motif ukiran. Partisi merupakan sebuah pembatas sebuah ruangan yang biasanya dapat dipindah dengan mudah. Menggunakan partisi sendiri biasanya dilakukan pada rumah yang memiliki desain minimalis dan membantu menciptakan sekat tanpa harus memakan ruangan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali yang menggunakan partisi kayu ukiran ini, di mana ukiran yang digunakan merupakan ukiran-ukiran asli dari Indonesia. Hal ini sendiri dikarenakan banyak sekali ukiran asli Indonesia yang cantik dan dapat dipadu padankan dengan jenis desain rumah dengan tema apapun. Nah, di bawah ini akan dijelaskan beberapa jenis ukiran kayu yang sering dijadikan inspirasi untuk partisi.

Jenis Ukiran Kayu Yang Sering Dijadikan Partisi

Ada banyak sekali seni ukiran kayu dari Indonesia yang sangat terkenal, di mana beberapa daerah mempunyai cir khas masing-masing. Seni ukir ini sendiri juga sering terlihat untuk diaplikasikan oleh jasa partisi dari kayu. Berikut ini adalah jenis seni ukir yang ada di Indonesia:

1. Seni ukir Jepara

Seni ukir Jepara

Jepara menjadi salah satu kota yang sangat terkenal akan seni ukir kayunya. Banyak sekali hasil kerajinan tangan dari Jepara yang sudah diaplikasikan pada furniture rumah, termasuk partisi. Ciri khas dari ukiran kayu Jepara adalah memiliki motif jumbai dengan berbentuk daun dan berelung. Ukiran dari Jepara ini sendiri biasanya agak terlihat miring. Keistimewaan lainnya dari seni ukir ini dapat diaplikasikan pada furniture untuk indoor ataupun outdoor.

2. Seni ukir Toraja

Seni ukir Toraja

Seni ukir selanjutnya yang memiliki sebuah makna dan juga terkenal adalah seni ukir dari Toraja. Keunikan dari seni ukir Toraja sendiri sangat mudah untuk terlihat, terlebih masyarakat dari Toraja memiliki filosofi yang sangat penting dalam ukirannya. Ukiran kayu dari Toraja biasanya memiliki dasar warna merah dan hitam yang menjadi symbol Tanah Toraja. Di mana bentuk ukirannya sangat dinamis dan menjadi satu kesatuan bersama dengan bentuk dan teksturnya. Untuk partisi kayu dari ukiran kayu ini sendiri masih jarang terlihat digunakan.

3. Seni Ukir Yogyakarta

Seni Ukir Yogyakarta

Nah, seni ukir dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini terbilang sangat lembut ketika dijadikan sebagai sebuah furniture. Biasanya pada ukirannya akan membentuk daun yang berelung-relung dan motif daun dibuat cekung serta cembung. Ukiran dari Yogyakarta ini sangat gemulai dan sangat terlihat sekali nilai dari adat Jawanya. Biasanya Anda dapat memesan ukiran ini pada jasa partisi kayu.

Baca juga: Rancang Restaurant Padang Terbaik dengan Pertimbangan Matang Ini

4. Seni Ukir Bali

Seni Ukir Bali

Tidak diragukan lagi jika Bali penuh akan keseniannya yang luar biasa, tidak terkecuali pada seni ukirnya. Seni ukir dari Bali memiliki filosofi keagamaan yang sangat kental, di mana pada ukirannya terdapat bentuk realisasi dewa dan dewi dalam agama Hindu dan Budha. Jenis ukiran ini sendiri sudah sangat mendunia bahkan sudah masuk ke pasar internasional. Untuk penggunaan pada partisi kayu juga sudah sering dilakukan.

5. Seni Ukir Solo

Seni Ukir Solo

Satu lagi seni ukir dari tanah Jawa yang juga memiliki ciri khas yang sangat istimewa, yaitu seni ukir dari Solo atau Surakarta. Seni ukir kayu dari daerah ini memiliki sebuah keluwesan sang pemahat, di mana biasanya terdapat motif tanaman pakis yang bersulur dan menjadi satu kesatuan. Biasanya seni ukir Solo menggunakan motif alam.

Itu adalah beberapa seni ukir pada kayu yang dapat menjadi insipirasi untuk pengaplikasian partisi rumah. Masih banyak lagi seni ukir yang dapat dipilih dan dijadikan sebagai pelengkap desain rumah, di mana biasanya pemesanan dilakukan pada jasa partisi yang sudah professional.