Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar istilah loteng? Pasti kebanyakan kurang memerhatikannya karena di lihat dari fungsinya yang tidak lebih dari sekadar gudang. Bahkan, identik dengan sarang tikus atau ruangan gelap nan kotor. Padahal, loteng ini tidak boleh disia-siakan! Ada baiknya Anda manfaatkan kehadiran loteng ini dengan inspirasi ajaib mengubah loteng jadi ruang yang multifungsi. Apa sajakah itu?

Kamar Tidur Minimalis yang Menawan

 

Siapa bilang loteng tidak cocok dijadikan sebagai kamar tidur? Justru sangat mungkin lho menjadikan loteng ini sebagai ruang tidur Anda yang minimalis. Apalagi jika Anda mampu memadupadankan setiap desain dan dekorasinya. Bagi kebanyakan loteng, khususnya yang mempunyai space cukup luas karena menggunakan rangka atap tradisional, lebih punya ruang lebih di lotengnya.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menyulapnya jadi kamar tidur estetik. Dimulai dengan pembersihan loteng dan mendekorasi beberapa bagiannya. Misalnya saja untuk dinding, bisa lapisi dengan wallpaper yang Anda beli di toko wallpaper. Tambahkan bed yang minimalis atau sesuai dengan ukuran yang ada. Anda juga bisa menambahkan kursi kecil atau meja cukup meja rendah sebagai sandaran Anda ketika duduk lesehan.

Lemari Unik untuk Pakaian atau Barang Koleksi

 

Bagi Anda yang gemar mengoleksi beberapa material, baik di bidang fashion, hingga barang-barang menarik lainnya, tentu akan membutuhkan lemari sebagai tempat penyimpanan, bukan? Apalagi, semakin banyak koleksi, semakin besar pula lemari yang dibutuhkan. Pun, kebutuhan akan lahan penyimpanan menjadi lebih besar. Jika Anda merasa kekurangan lahan untuk menyimpan barang-barang koleksi, tidak ada salahnya menjadi loteng sebagai tempat rahasia barang koleksi Anda.

Untuk mewujudkan hal ini pun sangat mudah. Anda bisa bereskan dan kosongkan segala perabotan yang ada di loteng. Ratakan juga permukaannya agar lebih mudah. Buat beberapa sekat di loteng seperti halnya lemari. Berikan pewarnaan agar lebih indah, atau membeli produk jual wallpaper dinding di pasaran sehingga lebih unik dan menarik.

Ruang Santai untuk Merenung

 

Bagi beberapa kondisi, kadangkala seseorang akan sangat butuh waktu untuk me-time atau menyendiri. Me time ini memang cukup penting dilakukan untuk merefresh pikiran sehingga lebih tenang. Biasanya, seseorang akan mencari tempat untuk menyendiri. Jika Anda membutuhkan ruang untuk bersantai, kenapa tidak menyulap loteng jadi ruangan tersebut?

Baca juga: Harga Vinyl Lantai Terlengkap Tahun 2019 untuk Interior Rumah

Aksesnya yang terbilang jarang dilalui orang lain, sangat cocok dijadikan sebagai ruangan santai tanpa kebisingan. Anda bisa menambahkan dekorasi senyaman mungkin sesuai dengan keinginan. Misalnya dengan menambah karpet, bantal-bantal, dan barang-barang lain yang menurut Anda bisa dijadikan teman saat menyendiri.

Perpustakaan Pribadi

 

Punya impian untuk memiliki perpustakaan pribadi tapi tidak punya cukup lahan? Tenang saja, jika Anda punya loteng di rumah, manfaatkan saja dan buat jadi perpus pribadi yang berbeda dari yang lainnya. Akan sangat unik ketika Anda mengubah loteng rumah jadi perpustakaan. Dalam mewujudkannya pun sangat mudah. Anda cukup tambahkan lemari atau buat sekatan menyatu dengan dinding. Jika sudah, masukkan koleksi buku-buku. Tambahkan juga beberapa area atau bantalan agar bisa bersantai.

Beberapa inspirasi tersebut, pastinya bisa Anda aplikasikan untuk memanfaatkan ketersediaan loteng di rumah. Untuk memperindahnya, cukup berikan sentuhan keindahan di setiap sudutnya agar lebih nyaman. Paling praktis, dengan menambahkan wallpaper. Apalagi harga wallpaper dinding murah dan banyak toko yang menyediakannya. Daripada loteng dibiarkan kotor yang malah akan jadi sarang tikus, lebih baik dimanfaatkan sehingga fungsi rumah lebih maksimal, bukan?