Sekarang ini resto Jepang telah semakin menjamur di beberapa wilayah Indonesia. Itu semua menunjukkan bahwa makanan Jepang saat ini sudah populer di Indonesia. Memang benar bahwa makanan Jepang memiliki cita rasa yang mudah untuk diterima lidah orang Indonesia, meskipun tidak semuanya. Tidak heran, banyak orang yang lebih memilih restoran Jepang dibandingkan restoran lokal. Melihat kenyataan seperti itu, apakah kalian ingin mencoba peruntungan dengan membuka restoran Jepang? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya yaitu, kalian harus mencari tempat yang jual partisi kayu. Pasalnya restoran khas Jepang pasti akan menggunakan furniture yang berupa kayu-kayuan. Mulai dari lantai, pintu, meja hingga penyekatnya.

4 hal penting yang perlu disiapkan ketika membuka restoran Jepang

Seperti yang sudah dijelaskan oleh kami tadi, ketika kalian ingin membuka restoran Jepang maka carilah tempat yang jual partisi kayu lebih dahulu. Pasalnya seluruh furniture yang ada pada restoran Jepang pasti terbuat dari kayu. Kemudian jangan sembarangan dalam memilih kayu, kalian harus memilih kayu yang memang berkualitas. Dengan begitu restoran pun akan tampak menarik dan nyaman untuk para pelanggan. Jika pemilihan kayu telah ditentukan, maka selanjutnya kalian harus memperhatikan hal berikut:

1. Menyiapkan menu makanan

Memilih menu makanan adalah hal penting yang harus kalian siapkan sebelum membuka restoran Jepang. Agar restoran dapat bertahan lama, maka kalian harus memilih menu makanan yang digemari banyak masyarakat. Tak hanya itu, kalian juga harus menyediakan beragam menu pilihan. Sehingga para pelanggan merasa bebas ketika memilih menu makanan. Beberapa contoh makanan Jepang yang dapat kalian sediakan yaitu seperti sushi, ramen, udon dan sebagainya.

2. Menentukan lokasi

Kalian harus memilih lokasi terbaik untuk dibangun restoran Jepang. Pastikan bahwa lokasi yang telah kalian pilih itu memang strategis. Dengan begitu akan memudahhkan para pembeli untuk mengakses restorannya. Kemudian kalian juga harus membangun restoran yang lokasinya dekat dengan mall, fasilitas umum alias di tengah kota. Sehingga peluang untuk menjaring lebih banyak pembeli akan terbuka lebar.

3. Melakukan survey bahan baku

Makanan khas Jepang pasti akan identik dengan bahan baku yang tak dapat disimpan terlalu lama. Untuk itu kalian harus menggunakan bahan baku berkualitas. Sekarang memang banyak bahan masakan khas Jepang di supermarket. Akan tetapi jangan asal dalam memilih. Kalian harus survey dahulu agar memperoleh bahan baku yang paling berkualitas. Pasalnya cita rasa makanan Jepang akan bergantung dari bahan baku yang digunakan.

4. Tampilkan ciri khas tersendiri

Dikarenakan restoran Jepang sudah menjamur, pada akhirnya persaingan ketat pun akan terjadi. Agar kalian tidak kalah saing dari restoran Jepang lainnya maka pikirkan ciri khas yang akan ditampilkan dari restoran Jepang milik kalian. Ada beragam ciri khas yang dapat kalian angkat, entah itu dari penyajiannya, pelayanannya dan sebagainya. Intinya kalian harus bisa menampilkan ciri khas tersendiri agar berbeda dari restoran Jepang lainnya. Dari situlah restoran kalian akan lebih mudah dikenal masyarakat.

Kali ini kami merekomendasikan kalian untuk membangun ciri khas melalui konsep restoran. Meski restoran yang menyediakan makanan khas Jepang sudah banyak, namun hanya sedikit yang memberikan konsep berciri khas restoran Jepang. Inilah sebuah peluang yang wajib untuk kalian ambil. Cobalah untuk membangun restoran yang benar-benar mirip dengan restoran di Jepang. Gunakan furniture yang berbahan serba kayu, kemudian gunakan lampu-lampu berwarna kuning kecokelatan. Terkait harga partisi kayu dari masing-masing tempat tentu berbeda. Untuk itu kalian harus melakukan survey pula ke sejumlah tempat penjual partisi kayu untuk mendapatkan yang berkualitas dan murah.