Dalam dunia konstruksi banyak istilah yang dipakai untuk menjelaskan tugas dan fungsi komponen yang terlibat. Salah satunya adalah kontraktor mekanikal elektrikal (ME).  Banyak yang belum paham sebenarnya apa tugas utama dari kontraktor ME tersbut. Tak jarang akhirnya terjadi tumpang tindih fungsi yang berakibat sebuah proyek tidak berjalan maksimal. Mau tau lebih lengkap seputar hal itu?

Di Indonesia ada beberapa jenis kontraktor yang sering dipakai untuk melaksanakan proyek pembangunan baik pemerintah maupun swasta. Ada kontraktor arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, dan tata lingkungan. Semuanya memiliki tugas dan fungsi yang berbeda untuk mencapai target realisasi sebuah proyek.

11 Tugas Kontraktor ME Yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau kamu mau memanfaatkan jasa kontraktor mekanikal elektrikal atau mau membuka usaja jasa kontraktor ini. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih tugas dari pemberi jasa yang satu ini. Sehingga jika kamu sebagai klien bisa memantau bagaimana kinerja mereka untuk proyekmu. Atau jika kamu mau membuka jasa kontraktor ME bisa paham dan mempersiapkan sumber daya yang tepat.

  • Instalasi listrik

Tugas ini meliputi pembangunan instalasi listrik untuk kebutuhan perumahan, gedung bertingkat, pembangkit listrik berbagai tenaga, misalnya tenaga air, surya, panas bumi, uap dari semua tingkatan daya, mulai dari yang rendah hingga yang paling tinggi.

  • Jaringan Transmisi

Pembangunan transmisi untuk berbagai kebutuhan, baik yang di hasilkan dari tenaga listrik baru atau terbarukan, maupun listrik tegangan tinggi hingga listrik dengan ekstra tegangan.

  • Instalasi Kontrol dan Instrumen

Yaitu tugas kontraktor mekanikal elektrikal  untuk membuat instalasi untuk melakukan control terhadap jaringan listrik yang sudah ada. Termasuk di dalamnya memastikan semua instrume yang dibutuhkan tersedia agar listrik yang mengalir sesuai tidak mengalami gangguan yang bisa saja berakibat fatal bagi lingkungan sekitarnya.

  • Instalasi panas dan dingin

Membuat instalasi alat pemanas atau pendingin ruangan. Bisa untuk skala rumahan, atau skala perkantoran. Tugas ini biasanya membutuhkan juga mekanik khusus yang mengetahui tentang komponen instalasi mekanikal elektrikal tersebut.

  • Instalasi pipa

Meliputi pipa yang akan dialiri gas, uap, air dan semua jenis energi lainnya sesuai dengan kebutuhan klien. Karena masing-masing energi membutuhkan pipa khususnya masing-masing, sehingga dibutuhkan kontraktor mekanikal elektrikal untuk membangun instalasinya.

  • Instalasi Lift

Sistem kerja lift membutuhkan tangan terampil dari ahli mekanikal yang menguasai sistem pengungkit yang dihubungkan dengan timer dan listrik. Baik itu lift untuk keperluan proyek, kantor atau perumahan elit.

  • Pertambangan

Tugas ini berkisar pada penyediaan infrastruktur hingga manufakturnya, untuk berbagai jenis tambang seperti emas, perak, timah, perunggu.

  • Perawatan

Baik itu perawatan instalasi listrik, transmisi, sistem pipa, hingga manufaktur pertambangan. Sangat dibutuhkan ahli mekanikal elektrikal yang handal untuk melakukan tugas ini.

  • Konstruksi Alat Pengangkutan

Ini lebih kepada ahli mekanikal yang akan bertugas membangun konstruksi untuk peralatan untuk mengangkut berbagai jenis barang

  • Konstruksi Pipa

Membangun konstrusi pipa untuk berbagai kebutuhan, terutama yang berkaitan dengan energi baru dan terbarukan. Kontraktor mekanikal elektrikal harus memiliki skill khusus untuk melakukan tugas ini.

  • Jasa Alat Konstruksi

Membantu para kontraktor lain dalam hal pengadaan alat konstruksi. Biasanya diterapkan sistem sewa. Contohnya crane, excavator, dan alat-alat untuk kebutuhan konstruksi lainnya.

Demikianlah informasi seputar tugas utama yang dilakukan oleh kontraktor pada bidang mekanikal elektrikal. Sekarang Anda tinggal menentukan kontraktor mana yang akan dijadikan mitra kerja. Atau jika Anda ingin membuka jasa kontraktor jenis ME, maka persiapkanlah orang-orang terpilih yang akan mampu mengerjakan tugasnya dengan maksimal agar bisa memberi kontribusi terbaik untuk bisnismu.