Kegiatan mencuci dan menjemur adalah hal yang paling penting dan harus diperhatikan dengan baik, mengapa? kalau sedang musim kemarau, mungkin memang menjemur bisa dilakukan di luar ruangan. Di samping matahari lebih terik dan tidak akan takut hujan, pakaian juga akan gampang kering kan?

Nah, itu mungkin memang bisa dilakukan oleh mereka yang tinggal di komplek dengan lahan yang luas. Bagaimana dengan mereka yang hanya punya rumah minimalis, berada di tengah kota dan tidak ada lahan untuk mendirikan jemuran? Dalam kasus ini, satu-satunya solusi adalah dengan membuat jemuran di dalam rumah. Bagian rumah yang paling tepat untuk dijadikan sebagai tempat jemuran adalah atap. Hal ini bisa diterapkan pada rumah mewah dan juga rumah minimalis. Yuk, simak panduan pembuatannya berikut ini!

Tidak Perlu Area yang Luas untuk Jemuran Ini

Area yang Luas untuk Jemuran

Kalau hanya untuk keperluan keluarga, maka tidak perlu punya jemuran yang sangat luas, area jemuran ini bisa memanfaatkan ruang dengan ukuran 2×3 meter saja. Akan sangat beruntung sekali kalau kamu punya rumah bertingkat, sehingga bagian paling atas bisa digunakan untuk menjemur pakaian. Yah, kecuali kalau misalnya kamu ada keperluan untuk berbisnis laundry, maka ruang 2×3 ini sangat kecil.

Merancang Desain Lantai yang Tepat

Mendesain jemuran sama saja dengan kamu membuat desain kamar mandi. Buatlah lantai jemuran sebaik mungkin dan tidak mudah licin sehingga membuat orang tidak tergelincir. Seperti yang kita tahu, lantai jemuran akan selalu basah karena air dari pakaian yang terus menetes. Nah, sebagai solusinya kamu bisa menggunakan waterproofing lantai pada bagian yang digunakan untuk menjemur ini, agar lantai tidak mudah berjamur. Ya, harga waterproofing membrane bakar atau waterproofing sika juga cukup bersahabat di kantong kok. Selain waterproofing, kamu perlu membuat lantai dengan sedikit kemiringan . Tujuannya agar air yang jatuh langsung mengalir ke pembuangan.

Memilih Gantungan Baju yang Praktis

Gantungan Baju yang Praktis

Elemen lain yang harus kamu perhatikan adalah gantungan baju. Dengan ruangan yang hanya 2×3 meter, kamu bisa memutuskan gantungan seperti apa yang mau dipakai. Pastikan bahwa gantungan tersebut membuat pakaian cepat kering, tidak tertumpuk-tumpuk sehingga tak menimbulkan bau. Untuk pemilihan bahan gantungan/jemuran, pilihlah yang berbahan aluminium. Hal ini agar pakaian kamu tetap anti-noda dan jamur, selain itu aluminium juga tidak gampang berkarat dan ringan, sehingga bisa dipindah-pindah.

Menjaga Jemuran Agar Tetap Rapi

Di luar harga waterproofing membran yang mungkin memang relative ada yang mahal dan terjangkau, ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh bahan yang membuat lantai lebih tahan jamur ini. Tentu di dalam ruangan jemuran tak hanya ada gantungan jemuran saja kan? Terkadang ada pula ember cucian, mesin cuci, sabun, serta peralatan lain yang berserakan di lantai. Tapi, dengan lantai yang bagus, kamu tentu tak akan merasa jijik untuk terus mengatur dan membuat jemuran lebih terasa nyaman.

Jadi itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mau membuat jemuran di atas atap. Selain lantai yang dilapisi waterproof karena harga waterproofing membran yang cukup bersahabat, kamu juga perlu cerdas dalam memilih bahan gantungan jemuran, menata ruangan, bahkan membuat tampilnya lebih menarik dan nyaman untuk dipakai menjemur.